Tuesday, August 12, 2014

Botok Ini Bahannya dari Kebunku Sendiri

Botok itu lauk-pauk yang banyak disukai di Jawa. Variannya cukup banyak. Botok sembukan dari daun sembukan. Botok beluntas dari daun beluntas, botok lamtoro dari daun lamtoro, dll. Keluargaku paling suka botok lamtoro.

Botok lamtoro, tampilan umumnya ya seperti dalam foto ini. Bahan-bahannya kelapa parut, bumbu rimpang seperti lengkuas dll, cabe, blimbing wuluh, lamtoro, ditambah udang atau tempe tahu tambah sedap.

Botok lamtoro yang ada di gambar ini cukup istimewa bagi keluarga kami mengingat rasanya yang mantap dan dibikin sebagiannya dari bahan-bahan yang ada di halaman rumah dan berem samping rumah. Botok ini dibikin oleh istri Pak Ran, tukang kebun yang biasa membersihkan  rumput-rumput liar di berem samping rumahku.


Lahan kosong di rumah (juga di berem sebelah rumah) kumanfaatkan tidak saja untuk menanam buah dan bunga, namun juga rimpang seperti lengkuas, lamtoro (bukan jenis lamtoro gung), pisang tanduk, pisang klutuk, daun sereh, kemangi, cabe, blimbing wuluh, pandan, daun salam dll. Pemanennya sebagian besar adalah ibu-ibu tetangga yang gemar memasak.

Pak Ran, tukang kebun yang biasa dipanggil dari rumah ke rumah untuk membersihkan berem di kompleks perumahanku, terutama rumah pojok, biasanya memanen buah lomtoro di tangkai yang sangat tinggi dan tidak terjangkau para ibu. Sekali panen, Pak Ran biasa membawa sekarung penuh lomtoro. Belum lagi daun pisang klutuk (yang kata Pak Ran enak untuk membungkus botok), daun pandan, dan lain-lain.

Pak Ran biasa panen menjelang sore. Pasti besoknya, pagi-pagi sekali, dia ke rumah sambil membawa botok lamtoro kesukaanku, yang bahan-bahan utamanya dia bawa dari panenan di halaman dan berem samping rumah. "Monggo Bu, ini sudah dimasak istri saya," begitu katanya selalu.

Botok lomtoro bikinan istri Pak Ran menurutku sangat enak. Di samping pedas, juga berair dan tidak bikin neg. Ada lagi yang kusuka. Masakan istri Pak Ran tanpa MSG. Lain bila aku membeli botok di pasar, rasa MSG-nya langsung terasa di lidah.

Apa ya resepnya? Aku sebenarnya pernah diberi resep botok bikinan istrinya. Resepnya sesungguhnya resep biasa saja, seperti yang ada di internet, misalnya. Hanya saja, takarannya bahan-bahannya dikira-kira pakai feeling. Ini yang susah dan bila aku bikin botok sendiri, rasanya belum pernah menyamai rasa botok istri Pak Ran.

1 comment:

cynthia chaniago said...

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan http://www.benuapoker.com/benuapk/index.php
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...