Friday, August 15, 2008

Bayi Padi Naik Pick-up

10 Agustus. Dari dalam kantor aku tak sengaja memandang keluar. Aku lihat pick-up-nya arek-arek Pusdakota sepertinya berisi tanaman hijau kecil-kecil. Mungkin bibit tanaman hias, pikirku. Kantor kami memang membibit banyak tanaman, baik toga maupun tanaman hias. Kami memiliki divisi eco-office: sebuah divisi yang menggalang gerakan cinta lingkungan hidup lewat kantor. Staf Eco-office Pusdakota tidak hanya merawat tanaman agar kantor semakin hijau, tapi juga melakukan monitoring pemakaian energi di kantor, mendaur ulang sampah kantor, mengurus makanan sehat, sampai membuat peraturan untuk hemat pemakaian kertas. Kalau ngeprint harus bolak-balik. Amplop bekas harus dipakai. Pokoknya, tugasnya banyak.


Aku penasaran dan keluar. Ya ampun, bibit padi dalam nampan-nampan segi empat. Baby Rice di atas pickup. Lucu-lucu.

“Wah, Mbak, mereka ini masih baby sudah keliling-keliling naik pick-up,” kata Devi padaku, cekikikan.

Kutanya pada Devi dan Heri yang membibit, usianya masih dua minggu. Mereka membibit padi jenis lokal itu, untuk ditanam di petak-petak sawah di sekitar Rungkut. Sore itu Devi, Heri, dan Anton mau turun ke sawah.

Luar biasa hasil karya kawan-kawanku ini. Mereka benar-benar prihatin nasib petani. Mereka tak kenal lelah mengajak para petani untuk kembali ke cara-cara alami. Untuk bertanam secara organik. Satu atau dua petani yang mau ikut, itu bagus, daripada tidak ada sama sekali.

Tapi, wow, kawan-kawan yang aneh. Mereka mau turun ke sawah, tapi pakai celana jeans dan baju bagus. Untuk menghormati Dewi Sri, ibu bumi, barangkali, batinku.

Minggu hari libur. Anak-anak muda ini akan melewatinya di sawah. Demi saudara-saudaranya yang menderita.

1 comment:

Lucky Mullyadi said...

Wah bibit padinya segar dan sehat bagaimana jika di gunakan pupuk organik HB-101 hasil panen melimpah/meningkat dan masa panen lebih cepat sehat dan kuat tanaman padinya, hama tidak akan suka menyerang dan tanaman padi kuat akan
iklim panca roba seperti hujan asam terpaan angin berminat sample untuk uji coba HUB 021 95508899 BP.MULLIADI

THANKS